Copyright © Life,Laugh,Love
Design by Dzignine
Jumat, November 02, 2012

Dimensi Kepuasan Mutu

Lima Dimensi kepuasan mutu pelayanan yang perlu diperhatikan oleh setiap petugas kesehatan, antara lain :
  1. Reliability ( Keandalan) = mencakup kecepatan dan ketepatan petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan, pelayanan yang sesuai dengan standar profesi.
  2. Responsiveness ( Ketanggapan) = kemampuan dokter/bidan/perawat untuk tanggap dalam menjelaskan keluhan pasien, dimana petugas kesehatan harus memberikan informasi yang jelas dan mudah dimengerti oleh pasien.
  3. Assurance ( Jaminan) = pengetahuan dan kesopanan petugas kesehatan dalam memberikan pelayanannya, agar dapat menimbulkan kepercayaan pada pasien.
  4. Empati ( Empati ) = berupa rasa peduli dari petugas kesehatan kepada pasien, dimana memberikan perhatian tanpa pilih status sosial dan keadaan penyakit pasien.
  5. Tangibles ( Bukti Langsung ) = dapat dinilai dari penampilan fisik petugas kesehatan dalam melayani pasien, meliputi kebersihan, kerapihan, sikap dan etika petugas dimana diharuskan untuk senyum dan tidak boleh memasang wajah yang tidak bersahabat kepada pasien. Sarana dan prasarana rumah sakit yang memadai meliputi keadaan kamar yang bersih dan nyaman juga tersedianya kamar mandi/WC yang layak.
Sumber : Kuliah Ners.Riyanto, S.Kep
Dosen Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang, Prodi Kebidanan Metro

0 komentar:

Poskan Komentar

Yang mau Comment monggoo:)

Total Tayangan Laman

Recent Posts

Recent comments

Followers